Tradisi menyambut Ramadan di Bumi Serambi Mekah

Masyarakat Indonesia memang memiliki tradisi unik untuk menyambut Bulan Suci Ramadan, salah satu yang kita akan bahas kali ini adalah tradisi dari bumi serambi mekah, Aceh . Wilayah Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam ini memiliki adat menyambut Ramadan yang bernama Meugang atau Mak Meugang.

Meugang adalah adat membeli, mengolah dan memasak daging untuk menyantap hidangan tersebut bersama keluarga. Menurut riwayat, tradisi ini pertama kali berlangsung pada masa Kerajaan Aceh Darussalam ratusan tahun lalu.

Kebiasaan ini bermula saat Sultan Iskandar Muda memutuskan untuk membagikan daging, uang, hingga kain kepada kalangan fakir miskin, dhuafa, dan penyandang disabilitas. Sebelum pelaksanaan meugang, Sultan Iskandar Muda memerintahkan otoritas resmi kerajaan atau Qadi Mua`azzam Khazanah Balai Silaturrahmi untuk mendata para fakir, miskin, anak yatim, dan penyandang disabilitas.

Sultan lalu memerintahkan bawahannya untuk menyediakan uang dirham, kain-kain, kerbau, dan sapi.

Pihak kerajaan lalu membagikan daging, uang, lima koin emas, dan kain sepanjang enam hasta. Hitungan hasta merujuk pada ukuran panjang dari ujung jari hingga siku. Sultan memercayakannya kepada keuchik atau kepala desa di Aceh untuk membagikannya.Penamaan meugang atau makmeugang diambil dari sebuah kawasan yang makmur dan menjadi tempat persinggahan para saudagar kaya yang alim dengan kapal-kapal besar di wilayah Peunayong, Bandar Aceh Darussalam tempo dulu.

Tempat itu dijadikan sebagai lokasi menyembelih ternak menjelang Ramadan. Kemakmuran di kawasan kemudian terdengar hingga seluruh wilayah Aceh

Tanpa kesepakatan bersama, tradisi menjelang Ramadan ini kemudian disebut meugang atau makmeugang. Esensi dari tradisi meugang ini adalah saling berbagi dan beramal kepada yang lebih membutuhkan. Bahkan tradisi ini juga masih tetap dilakukan oleh warga Aceh yang berada diluar Aceh, tetap melestarikan adat sekaligus mengingat kampung halaman.

Berbagai informasi budaya daerah lainnya dapat kamu dapatkan melalui Ragamindo 

You May Also Like

Sate Khas Indonesia Yang Lain Dari Yang Lain

Ragam Keindahan Motif Batik Indonesia

Museum Unik Yang Ada Di Indonesia

Kuliner Favorit Yogyakarta Versi Ragamindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *