Beraneka Sambal Khas Indonesia ada di Ragamindo

Selain terkenal dengan alamnya yang indah dan masyarakatnya yang ramah , Indonesia juga dikenal dengan kulinernya yang beragam. Satu yang akan kita bahas kali ini adalah sambal. Karena sambal dapat dikatakan sebagai salah satu identitas kuliner Indonesia. Rasanya kurang lengkap menyantap hidangan Indonesia tanpa menggunakan sambal. Berikut ini adalah sambal khas Indonesia

 

Sambal Bajak

Sambal ini adalah sambal dengan strata pedas terendah , cocok sekali untuk yang tidak terlalu menyukai rasa pedas karena karakteristik sambal bajak ini cenerung manis.

Untuk membuatnya tidak perlu repot kok, kamu cukup menumis cabai merah, bawang merah dan tomat merah sampai layu. Kalau sudah, kamu ulek deh sama terasi, garam dan gula merah. Sambal Bajak siap menemani makananmu. (Sambal Bajak- Dapoer Kuno)

 

Sambal Bawang

Sambal ini walaupun simple namun sangat digemari oleh pencinta sambal karena rasanya yang cukup pedas. Sambal ini agak menjadikan bawang merah dan putih sebagai ciri khas utamanya yang justru makin membuat nikmat dan pedas.

Rasa bawang putih yang kuat akan semakin membuat rasa pedasnya keluar, sementara rasa bawang merah yang kuat akan menambah semakin sedap sambal ini. Meskipun pedas dan pasti bikin menangis, sambal ini bikin ketagihan lho. Langsung siapkan nasi hangat dan lauk untuk menikmati Sambal Bawang ini yaa. (Sambal Bawang Khas Lombok – UD Nanda Putri)

 

Sambal Terasi

Sambal ini adalah selera nusantara karena hampir sebagian masyarakat Indonesia mengenal dan menyukai sambal terasi. Karakter rasanya yang segar dengan aroma yang bikin semua orang tergoda untuk mencicipinya. Ditambah lagi dengan aroma terasi yang khas dan seakan menghipnotis penggemar sambal ini untuk terus menyantapnya dengan lauk. (Sambal Encim Terasi – Sambal Encim Lombok)

 

Sambal Belut

Kalau biasanya belut dijadikan lauk yang menemani nasi, di sambal ini belut dijadikan bahan utama selain cabai lho. Tapi, sebelum mengolah belut ini dibersihkan dulu dan dibuang isi perutnya, ya. Kalau sudah bersih, kamu goreng dan dicampur dengan sambal yang sudah kamu bikin. Kayak ayam penyet gitu.

Wah, harus dicoba nih buat  yang belum pernah ngrasain. Renyahnya dan sedapnya daging belut ditemani sama pedasnya sambal pasti bikin ketagihan. (Sambal Belut Bu Suti – Pawon Riri)

 

Sambal Mangga

Sambal ini salah satu sambal yang cukup unik di Indonesia karena menggunakan mangga yang asam manis. Meskipun menggunakan mangga, sambal ini juga cocok untuk mendampingi nasi dan aneka sajian bakar-bakaran seperti ikan bakar atau udang bakar.

Cara membuatnya, ulek cabai merah, garam, gula merah, dan terasi sampai halus. Setelah itu, kamu masukkan deh mangga yang sudah dikupas dan diiiris kecil tipis. Karakter yang asam dan segar membuat sambal ini cukup digemari untuk menemani santap siang atau malam.

 

Sambal Dabu-dabu

Untuk anda yang berasal dari Manado, pasti udah akrab dengan sambal yang satu ini. Sambal yang berbahan baku cabai merah, bawang merah, kemangi, cabai hijau, tomat, garam, dan perasan jeruk nipis ini bikin mulut kamu ngerasain sensasi segar dan enak.

Sambal ini biasanya dibuat mentah, kamu nggak perlu ngulek dan cukup diiris-iris kecil saja. Aneka seafood bakar cocok sekali dilahap bersama sambel nikmat ini.

 

 

Sambal Kecap

Wah, yang ini pasti sudah eksis banget nih. Sambal ini pasti tersedia di hampir semua restoran. Rasanya yang pedas-manis bikin kita ketagihan. Sambal kecap ini juga punya rasa yang segar karena bahan-bahan yang fresh tanpa perlu digoreng.

Mau membuatnya? Sangat mudah, hanya perlu mengiris iris tomat, bawang merah, cabai merah, cabai hijau, lalu tambahin kecap manis, deh. Sambal kecap yang enak siap menemani ikan atau ayam bakar kamu. Bahkan menu sederhana seperti tempe mendoan pun kurang lengkap tanpanya!

 

Sambal Roa

Sambal yang menjadi ciri khas Indonesia Timur ini adalah perpaduan suwiran daging ikan roa panggang yang dihaluskan kemudian dicampur tumisan bumbu khas, juga ditambah pelengkap bahan lainnya, membuat sambal yang satu ini spesial banget.

Rasa sedap dan khas ikan roa ini benar-benar membuat sambal ini tak tergantikan deh.  Namun tenang saja, sudah banyak sambal roa ini yang dijual bebas di supermarket, mulai dari botolan hingga kaleng yang bisa tahan lama.

Sambal Tempoyak

Tempoyak itu apa sih? Tempoyak adalah daging buah durian yang sudah di fermentasi. Hmmmungkin banyak yang merasa aneh ya, masak durian  hasil fermentasi dijadiin sambal? Tapi ternyata sambal ini punya banyak penggemarnya juga, lho.

Untuk membuat sambal yang satu ini, durian perlu di fermentasi selama satu minggu di dalam toples yang rapat. Setelah itu campur deh dengan sambal yang sudah diulek dan tumis. Rasanya? Pedas dan asin bercampur dengan asam dan manis dari durian bercampur jadi satu. Wah, unik ya!

Nah gimana menarik kan sambal yang ada di Indonesia? Jadi gak sabar ingin mencicipinya yah. beberapa sambal khas Indonesia tersebut bisa kamu dapatkan di aplikasi Ragamindo, kamu bisa unduh aplikasinya di Google Playstore atau klik gambar dibawah ini.

You May Also Like

Sate Khas Indonesia Yang Lain Dari Yang Lain

Ragam Keindahan Motif Batik Indonesia

Kuliner Favorit Yogyakarta Versi Ragamindo

Aneka Fashion Berbahan Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *