Tips Jitu Mengembangkan Bisnis Kerajinan Tangan

Keanekaragaman suku bangsa yang ada di Indonesia memang bisa dikatakan membuat Indonesia lebih berwarna. Mulai dari bahasa, adat istiadat , kesenian tradisional hingga makanan khas seakan menjadi identitas dari slogan Bhinneka Tunggal Ika.
Salah satu yang menjadi daya tarik Indonesia adalah Handicraft atau kerajinan tangan. Mulai dari bahan rotan , kayu , jerami , batu , tanah liat hingga perak atau emas dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat kerajinan tangan khas Nusantara. Namun tentunya bisnis kerajinan tangan di Indonesia bukan tanpa kendala. Bentuk yang itu itu saja , teknik pemasaran yang salah hingga kesulitan bersaing dengan produk asing adalah sekelumit dari permasalahan industri kerajinan tangan. Berikut ini kami memiliki tips untuk mengembangkan bisnis kerajinan tangan.

Selalu Melakukan Inovasi
Dalam segala hal, inovasi memang satu hal yang wajib dilakukan. Hal ini bertujuan agar pelanggan tidak merasa bosan dengan produk yang itu itu saja. Pemilik usaha diwajibkan untuk jeli melihat kebutuhan pasar, kreatif dalam membuat produk nya dan membuka wawasan seluas luasnya untuk melihat trend yang ada di pasar untuk di aplikasikan kepada produk yang akan dijual. Perhatikan juga mengenai tampilan kemasan produk. Buatlah se menarik mungkin agar calon pembeli memiliki rasa ketertarikan dengan produk yang kita jual.

Angkat Potensi Daerah
Setiap wilayah di Indonesia tentu memiliki Sumber Daya Alam yang berbeda yang dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan. Rotan adalah tanaman yang cukup mudah ditemui di Indonesia misalnya di Lombok NTB , bahan dasar ini diproses menjadi kerajinan seperti tas selempang dan saat ini sangat diminati baik oleh wisatawan lokal atau asing. Tas Selempang rotan ini sekaligus memperkenalkan Lombok ke Mata Dunia sebagai pengrajin Tas berbahan dasar Rotan
Dengan dikenalnya suatu daerah maka bukan tidak mungkin akan ada investor yang melirik dan membantu dari segi pendanaan untuk pengembangan bisnis.

Perkaya Wawasan dan Bergabung Dalam Komunitas
Pengusaha perlu membuka wawasan seluas luasnya dan jeli melihat kebutuhan pasar dan harus selalu ber inovasi dan memperbanyak referensi agar produk nya tidak ketinggalan zaman. Satu hal yang penting adalah bergabung dengan komunitas untuk bertukar informasi dan berdiskusi mengenai produk , kebutuhan pasar , hingga memperluas jaringan komunikasi antar penjual.
Mari kembangkan bisnis anda dengan beberapa tips diatas , semoga bermanfaat.

Kembangkan bisnismu di Ragamindo sekarang!

You May Also Like

Aneka Fashion Berbahan Kulit

Kembangkan Usaha Anda Dengan Memanfaatkan Teknologi

Kerajinan Asli Indonesia Yang Menjadi Kebanggaan Dunia

Aman dan Nyaman Berbelanja Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *