Kemasan yang Baik Buat UMKM Naik Kelas

Jakarta: Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memberi kontribusi yang cukup besar bagi Produk Domestik Bruto (PDB). Kendati demikian, masih banyak pengusaha mikro belum bisa naik kelas dan meningkatkan penjualan lantaran pengemasan produk yang kurang baik.

“Produk yang biasa saja kalau kemasannya bagus orang mau beli. Apalagi kalau produknya bagus dan kemasannya bagus. Karena itu masalah packaging ini harus menjadi perhatian,” ujar Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun saat mengisi diskusi di kawasan Jakarta Pusat, Selasa, 9 April 2019.

Ikhsan menambahkan industri UMKM tak bisa menghindar untuk memikirkan tampilan produk. “Pengemasan produk yang eye catching, kreatif, colorful, modern, berkelas, dan presisi dapat meningkatkan nilai tambah dan omzet suatu produk,” terangnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya juga mengimbau agar UMKM memperbaiki kualitas kemasannya untuk meningkatkan daya jual. Calon presiden incumbent ini juga meminta pemerintah daerah (Pemda) memberi bantuan anggaran agar kemasan produk UMKM lebih menarik.

“Anggarkan mesin kemasan ke dalam APBD. Murah hanya Rp200 juta. Packaging itu sangat penting sekali untuk masuk ke market place. Siapkan branding-nya, seperti warna, tulisan, semuanya, agar barang itu enak dilihat, enak dijual,” ungkap Jokowi, belum lama ini.

Berdasarkan data dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), kontribusi terbesar UMKM terhadap PDB berasal dari subsektor ekraf, yakni kuliner sebesar 41,40 persen, fesyen sebesar 18,01 persen, dan kriya (labelling, packaging) sebesar 15,40 persen.

Sementara kontribusi UMKM terhadap PDB meningkat dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen dalam lima tahun terakhir. Serapan tenaga kerja pada sektor ini juga meningkat, dari 96,99 persen menjadi 97,22 persen dalam jangka waktu yang sama.

Sumber : medcom.id

Ilustrasi : UMKM. MI/Adam Dwi.

You May Also Like

Sate Khas Indonesia Yang Lain Dari Yang Lain

Kuliner Favorit Yogyakarta Versi Ragamindo

Produk Lokal Indonesia hadir di Ragamindo

Beraneka Sambal Khas Indonesia ada di Ragamindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *