Kuliner Unik Asli Indonesia

Indonesia dikenal sebagai Negara yang memiliki keanekaragaman yang luar biasa banyak. Mulai dari suku bangsa , bahasa , dan makanan khas yang tidak dapat dihitung menggunakan jari. Kali ini kami akan membahas kuliner unik yang berasal dari Indonesia.

Bir Pletok

Dari nama nya langsung mengingatkan kita dengan sebuah minuman keras ,  namun tidak perlu khawatir Bir Pletok ini adalah minuman yg 100% halal. Minuman yg merupakan minuman khas dari Jakarta ini terbuat dari campuran rempah seperti Jahe , Pandan Wangi ,cengkeh , kayu manis , gula dan sereh. Dan warna merah pada minuman ini didapat dari kayu secang. Alasan dinamakan Bir Pletok adalah warna nya menyerupai bir dan penyajian nya di dalam tabung bambu yang dicampur dengan es batu sehingga berbunyi pletak pletok

Sate Kere

Kuliner yang memiliki nama yang unik ini berasal dari Solo yang memiliki arti Sate Miskin , Sate Kere terbuat dari bahan dasar jeroan sapi dan dicampur dengan tempe gembus yang memiliki tekstur mirip dengan daging. Penamaan Sate Kere pun bukan tanpa alasan ,  karena pada zaman dahulu hanya golongan menengah keatas yang sanggup membeli sate daging, sehingga masyarakat yang memiliki budget minim memutar otak untuk bisa mengkonsumsi sate dengan harga yang murah.

Rawon Setan

Mari kita terbang ke kota Surabaya untuk menikmati kuliner khas dengan nama unik ini. Secara isi rawon terdiri dari Daging sapi , jeroan sapi , telur dan buntut yang disiram dengan kuah hitam yang berasal dari olahan bumbu kluwek. Alasan dinamakan Rawon Setan adalah warung Rawon ini buka mulai dari pukul 23:00 hingga 04:00 sehingga banyak yang berkelakar bahwa yang membeli makanan ini adalah makhluk halus yang notabene muncul di tengah malam.

Kerupuk Melarat

Camilan atau makanan pendamping ini berasal dari Cirebon, keunikan dari kerupuk ini adalah proses pembuatannya tidak digoreng menggunakan minyak , tapi menggunakan pasir yang sudah dibersihkan lalu diayak. Karena digoreng menggunakan pasir maka kesan melarat cukup melekat pada camilan ini.

Tempoyak

Indonesia juga dikenal sebagai surga nya durian. Salah satu kuliner yang terbuat dari durian adalah tempoyak. Pada dasarnya tempoyak adalah salah satu olahan yang lebih cocok di kategorikan sebagai bumbu masak atau sambal. Dan tempoyak ini memiliki rasa yang khas dan cenderung asam dan biasa dikonsumsi dengan lauk atau nasi.

Apakah teman teman sudah pernah mencoba sebagian dari makanan diatas?

You May Also Like

Sate Khas Indonesia Yang Lain Dari Yang Lain

Kuliner Favorit Yogyakarta Versi Ragamindo

Beraneka Sambal Khas Indonesia ada di Ragamindo

Kemasan yang Baik Buat UMKM Naik Kelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *